GERBANG TATA BANGUN JAYA

Tuesday, 14 July 2015

PENGECATAN

Persiapan Permukaan


I.      Pendahuluan
Persiapan permukaan yang memadai sangat penting dalam menentukan berhasilnya atau tidaknya skema pengecatan selanjutnya. Fungsi utama pekerjaan persiapan permukaan adalah membersihkan permukaan baja yang akan dicat dari: minyak, oli, lapisan cat lama, mill scale, dan karat yang ada dipermukaan baja, agar lapisan cat dapat dengan sempurna menempel di permukaan baja. Teknologi pengecatan terbaru dan jenis cat termahal sekalipun tidak akan bekerja dengan baik, bila pekerjaan persiapan permukaan tidak tepat atau tidak baik pengerjaannya.
Banyaknya pekerjaan, waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi permukaan baja yang diinginkan bergantung pada kondisi awal permukaan baja. 

II.      Jenis-jenis Standar Persiapan Permukaan
Berdasarkan Steel Surface Painting Council (SSPC) dan Swedish Standard, berikut adalah jenis-jenis persiapan permukaan:


KODE SSPC
Standar Swedia
Deskripsi
SSPC-SP-1
-
Solvent Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan larutan, pelarut atau cairan pembersih lain.
SSPC-SP-2
St 2
Hand Tool Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan sikat kawat manual, hand chipping dan alat pemukul atau kombinasi dari penggunaan alat-alat tersebut di atas.
SSPC-SP-3
St 3
Power Tool Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan alat mesin sikat kawat, gerinda poles atau kombinasi penggunaan alat-alat di atas.
SSPC-SP-4
-
Flame Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan nyala api (panas tinggi) yang disertai dengan penyikatan dengan kawat.
SSPC-SP-5
Sa 3
White Metal Blast Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menyemprotan butiran abrasif sampai pada kondisi permukaan berwarna abu-abu keputihan merata. Profil permukaan yang cukup kasar merupakan sarana untuk menem-pelnya lapisan cat baru. Permukaan baja bersih dari kotoran minyak, gemuk, kotoran, mill scale, karat, cat lama, atau materi asing lain.


SSPC-SP-6
Sa 2
Commercial Blast Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan semprotan butiran abrasif sampai pada kondisi minimal 67% permukaan bebas dari kotoran.
SSPC-SP-7
Sa 1
Brush-off Blast Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan semprotan butiran abrasif sampai pada kondisi bebas dari seluruh kotoran, kecuali mill scale, karat dan cat lama yang kuat menempel dipermukaan serta masih menyisakan bercak-bercak.
SSPC-SP-8
-
Pickling: pembersihan terhadap mill scale dan karat dengan menggunakan reaksi kimia atau elektrolisa atau keduanya. Biasa digunakan sebelum proses galvanis.
SSPC-SP-9
-
Weathering Followed By Blast Cleaning: material baja dibiarkan di udara terbuka lalu di blasting dengan salah satu dari sistem blasting yang ada.
SSPC-SP-10
Sa 2-1/2
Near White Blast Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan semprotan butiran abrasif (steel grit atau pasir kwarsa) sampai pada kondisi minimal 95% permukaan bebas sisa kotoran



No comments: