GERBANG TATA BANGUN JAYA

Wednesday, 28 August 2013

Jenis-jenis cat



Berikut adalah jenis-jenis cat yang sangat umum digunakan pada baja bangunan:
o       Metal treatment
o       Anti-corrosion primer
o       Intermediate coat
o       Top coat

1.     Metal treatment

Cat-cat yang tergolong dalam metal treatment biasa disebut sebagai Etching primer atau wash primer. Diaplikasi dengan ketebalan minimal (0,3 s/d 0,5 mil atau kira-kira 15 mikron). Cat ini utamanya diaplikasikan pada baja yang tergalvanis untuk meningkatkan daya lekat cat selanjutnya. Cat metal treatment tidak sama dan tidak dapat mengganti peran dari cat dasar.

2.     Anti-corrosion primer

Fungsi utama cat anti-corrosion primer adalah mencegah atau menghambat proses korosi atau berkaratnya permukaan baja. Cat jenis ini umumnya tidak didesain untuk di-ekspos langsung di lingkungan terbuka, kecuali bila mengandung unsur zinc (seng). Oleh karena itu dalam pemakaiannya biasanya diikuti oleh cat intermediate atau topcoat. Warna yang digunakan terbatas sesuai dengan warna pigment yang ada di dalam cat tersebut (umumnya: abu-abu, kuning, oranye, putih, merah tergantung dari pigment). Zinc-rich primer lebih awet dibanding cat primer (dasar) lain, di mana dapat diaplikasi tanpa topcoat pada lingkungan normal. Pada lingkungan yang banyak mengandung bahan kimia asam maupun basa, cat ini tetap harus di lapis topcoat.

3.     Intermediate coat

Bila suatu lapis cat diaplikasikan, seringkali tidak sempurna menutupi semua permukaan baja yang ada. Banyak lubang-lubang di daerah-daerah tertentu yang belum sempurna tertutupi lapisan cat, yang dinamakan sebagai missed spot atau pin hole. Fungsi utama intermediate coat adalah untuk mengantisipasi ketidak sempurnaan pelaksanaan primer coat sebelumnya serta menyediakan peralihan warna dari primer ke top coat agar tidak memberikan efek berbayang (shading) pada lapisan top coat

4.     Top coat

Top coat memberikan perlindungan bagi lapisan cat di bawahnya dan memberikan citra warna yang diinginkan.


B. Bahan Dasar Pembuatan Cat
C. Jenis-jenis ca
D. Istilah dalam cat

No comments: