GERBANG TATA BANGUN JAYA

Tuesday, 14 July 2015

TRANSPORTASI

Pengiriman material dari Pabrik adalah menjadi biaya yang wajib dimasukkan dalam RAB suatu proyek.
Semisal proyek struktur baja yang mana kontraktor melakukan pabrikasi di site harus membeli raw material dari pabrik dan diangkut ke site proyek untuk dilakukan pemotongan/lubang sampai pabrikasi.
Atau kontraktor membeli struktur baja yang sudah dipabrikasi di pabrik tinggal mengankut nya saja ke site langsung pemasangan.

Biaya angkutan transportasi raw material dengan komponen sangat berbeda. Biaya angkutan sudah berupa komponen pabrikasi tentu lebih mahal. Kita lihat dari segi tonase saja, raw material lebih banyak dapat diangkut dalam satu mobil trailer 12m dibanding dengan componen pabrikasi, ini dikarenakan componen pabrikasi sudah mengalami perubahan bentuk, bisa bending, terdapat banyak kupingan dll. Tak jarang pihak ekspedisi memasang tarip kubikasi jika tonase kecil namun memakan ruang/space yang besar pada kendaraan.

Untuk raw material baja WF bisa diangkut pada trailer 12m dengan tonase 35-40 ton sedang jika sudah menjadi komponen tonase bisa menjadi 20-30 ton untuk komponen pabrikasi gudang/pabrik.

Pihak pabrik umumnya sudah memiliki team packing yang berpengalaman yang dapat mengatur susunan komponen dalam kendaraan untuk mendapat tonase yang lebih besar namun tetap aman dalam perjalanan.

Berbeda dengan kapal laut atau tongkang yang biasanya menggunakan kubikasi atau borongan tonase semisal, satu tongkang yang disewa mampu dengan tonase 200 ton dan jika komponen kita hanya 50 ton, maka kita tetap membayar 200 ton.

Kendaraan-kendaraan pengangkutan komponen

No comments: