GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 4 July 2015

METODA PELAKSANAAN PEKERJAAN

CONOTH METODA PELAKSANAAN PEKERJAAN
PROYEK STRUKTUR BAJA GUDANG

UNTUK DOKUMEN TENDER

TAHAP
DESKRIPSI
KETERANGAN

1

Kontrak Kerja

Penandatanganan kontrak kerja antara pengguna dan penyedia barang/jasa


2

Persiapan Lapangan

-    Mengajukan rencana mobilisasi kepada Direksi Pekerjaan untuk disetujui, terutama sehubungan dengan kegiatan transportasi alat-alat dan perlengkapan pekerjaan kelokasi proyek dan pengembaliannya.
-    Membuat bangunan sementara untuk ruang Direksi lengkap dengan peralatan kerja, gudang dan los kerja yang cukup luas ditempat pekerjaan, lengkap dengan kunci dan perabotan yang diperlukan sesuai dengan persetujuan Direksi Pekerjaan (termasuk penempatannya).
-    Menyediakan peralatan kerja yang baik dan siap pakai sesuai dengan macam dan volume pekerjaan.
-    Sebelum pekerjaan penggalian, penempatan bahan urukanatau penimbunan bahan, dilakukan pembersihan semua tumbuh-tumbuhan dan sampah yang kemudian di buang keluar lokasi pekerjaan.
-    Melakukan pengukuran serta pendistribusian titik kontrol dengan mengadakan pengukuran posisi horizontal dan vertikal yang saling terkait serta hasil pengukuran dilaporkan  kepada Direksi Pekerjaan.
-    Membuat BM (Bench Mark) dan peil pokok/patok utama untuk setiap unit pekerjaan yang memerlukan bouwplank.
-    Mencari sumber air dan membuat toilet serta menanggulangi keamanan dan ketertiban.


2

Desain dan Gambar Persetujuan

Penyedia Barang/Jasa melaksanakan pembuatan desain dan gambar persetujuan struktur bangunan secara keseluruhan dan menyerahkan kepada pengguna jasa untuk diperiksa sesuai spesifikasi teknis yang telah ditentukan



3

Persetujuan Gambar

Pihak Pengguna Jasa memeriksa desain dan gambar persetujuan struktur bangunan sebelum penyedia jasa membuat gambar kerja untuk pelaksanaan pengadaan barang dan pabrikasi


4

Gambar Kerja

Penyedia Barang/Jasa melaksanakan pembuatan gambar kerja sesuai desain dan gambar persetujuan yang telah disetujui oleh Pengguna Barang/Jasa


5

Pengadaan Material

Penyedia Barang/Jasa melakukan pengadaan sesuai kebutuhan dan spesifikasi teknis yang telah ditentukan dan disetujui oleh Pengguna Barang/Jasa


6

Uji Material

Penyedia Barang/jasa akan melaksanakan uji material yang akan digunakan dengan disaksikan oleh Pengguna Barang/Jasa untuk memastikan bahwa material sesuai spesifikasi teknis yang telah ditentukan


7

Pabrikasi

Penyedia Barang/Jasa melakanakan pabrikasi sesuai gambar kerja


8

Pengecatan

Material yang sudah selesai di pabrikasi selanjutnya dilakukan pengecatan sesuai dengan speck cat yang telah ditentukan.


9

Sortir & Pengepakan

Material yang sudah selesai di cat selanjutnya disortir dan di packing


10

Pengiriman

Material yang sudah selesai di packing selanjutnya Material dikirim ke lokasi Proyek dan dilakukan serah terima barang antara Penyedia Barang/Jasa dengan pihak Pengguna Barang/Jasa.


11

Pemasangan Baja dan Atap

-   Sebelum pemasangan dimulai, dilakukan pemeriksaan permukaan atas dari semua gording atau rangka penumpu agar terletak pada bidang datar.
-   Dilakukan penyetelan yang cermat untuk dapat menjamin penguncian, khususnya dipusat-pusat penumpu yang berdekatan.
-   Penumpu pertama dan terakhir serta pelat kaitnya berjarak sedikitnya 75 mm dari setiap ujung lembaran, untuk bisa mempertahankan daya cengram yang maksimal.
-   Untuk dapat mengatur sambungan dengan lebih baik, maka pemasangan harus dilakukan dengan meletakkan baris lembaran dari bawah ke atas, sebelum melanjutkan melanjutkan pemasangan kearah saming.
-   Selama pemasangan berlangsung, harus selalu dilakukan pemeriksaan ditempat untuk melihat kesejajaran lembaran-lembaran ketika diletakkan untuk mencegah agar tidak melebar atau bergerak-gerak.
-   Untuk atap dengan kemiringan curam atau vertikal, sebuah pengikat positif (sekrup atau baut) harus dipasang pada setiap panjang lembaran guna mencegah gerakan ke bawah. Sekrup ini harus dipasang di bawah atau melalui capping pada bagian atas ujungnya.


Tabel diatas adalah salah satu contoh dokumen kelengkapan mengikuti tender.
Biasanya dalam mengikuti satu tender pekerjaan harus dilengkapi dokumen Metode  Pelaksanaa Pekerjaan.

Disadur dari file pribadi.

No comments: