GERBANG TATA BANGUN JAYA

Wednesday, 28 August 2013

Istilah dalam cat



Istilah dalam Cat


Gloss:                 kekilauan permukaan lapisan cat dinilai dan dibandingkan hasilnya terhadap standar kaca hitam yang dipoles sesuai standar ISO 2813 atau ASTM D-523. Ada 5 kategori kekilauan dari yang tidak kilau  sampai yang paling berkilau adalah sebagai berikut: Flat, Eggshell, Semi-gloss, Gloss dan High-gloss.

Shelf life:           Periode waktu sejak cat diproduksi sampai dengan cat tersebut masih dapat dipakai atau dalam kondisi baik pada suhu 100C-300C.

Working Pot Life:     Lama waktu maksimal suatu produk masih dapat digunakan dengan baik, di mana produk tersebut dikemas dalam dua kemasan terpisah lalu dicampur pada suhu tertentu.

Flash Point:       Suhu minimal di mana suatu produk di mana pada suhu tersebut uap cat tersebut dapat menyala bila didekatnya ada sumber api.

Full cure:           Suatu kondisi lapisan cat di mana sifat dan kemampuan lapisan sesuai katalog tercapai secara aktual.

Touch dry:         Waktu yang dibutuhkan oleh lapisan cat untuk mencapai kondisi permukaan cukup kering bila disentuh.

Dry to handle:   Kondisi permukaan lapisan cat di mana baja yang dicat dapat diangkut atau dipindahkan tanpa menyebabkan terjadinya kerusakan lapisan cat yang berarti.

Min Overcoat Int.:    Indikasi lama waktu yang diperlukan suatu lapisan cat untuk mencapai kondisi kekeringan dan kekerasan yang diperlukan yang dapat dilaksanakannya pengecatan lapisan berikutnya.

Max Overcoat Int.:   Indikasi lama waktu yang diperbolehkan suatu lapisan cat untuk dapat dilaksanakannya pengecatan lapisan berikutnya, bila melebihi waktu tersebut maka akan beresiko mengurangi daya adhesi lapisan selanjutnya..

Full cure:           Suatu kondisi lapisan cat di mana sifat dan kemampuan lapisan sesuai katalog tercapai secara aktual.

Dry film Thk.:    Tebal lapisan cat dalam kondisi kering yang dinyatakan dalam satuan mikron.

VOC:                  (Volatile Organic Content) adalah berat kandungan pelarut organic per 1 liter cat.
Volume solid:    persentase dari tebal lapisan cat pada saat kering terhadap lapisan cat dalam kondisi basah (sewaktu dicat). Penentuan VS dilakukan pada hari ke-7 dan pada suhu 230C (sesuai ASTM D-2697).

Konsumsi dan Biaya Pengecatan:

Daya tutup teoritis (m2/ltr)     =       10 x VS (%) / DFT (mikron)
Daya tutup praktek (m2/ltr)    =       efisiensi x Daya tutup teoritis
Efisiensi                                =       1 – Loss
Loss                                     =       0,5 untuk profil kecil
                                                     0,4 untuk rata-rata pabrikasi
                                                     0,3 untuk profil besar

No comments: