GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 18 January 2014

Kendaraan-kendaraan pengangkutan komponen

1. PICK UP
Alat transportasi via darat yang satu ini memang umum nya jarang dipakai untuk pengangkutan komonen baja pabrikasi, mungkin disaat genting saja yang msemisal untuk menmbawa material angkur yang di packing dalam sebuah box. Kendaraan ini hanya dapat membawa barang-barang maksimum 1 ton  dengan ukuran bakya panjang 2 Meter, Lebar 1,5 Meter, Tinggi 50 CM.
Pada site / lokasi proyek kendaraan ini sering digunakan untuk melangsir barang karena melewati jalan yang sempit.


2. TRUCK COLT DIESEL
Alat transportasi via darat dengan ukuran bak adalah 5.8m panjang, 2.3m lebarnya dan 1.5m tinggi. Kendaraan ini mampu membawa barang-barang total beban 8-10 ton. Kendaraan ini masih bisa melewati jalan yang tidak terlalu lebar.

3. TRUCK FUSO/TRONTON
Alat transportasi darat dengan ukuran bak maximum 5.8m panjang, 2.3m lebar dan tinggi1.8m. Kendaraan ini mampu membawa barang-barang maximum 10 ton. Kendaraan ini memerlukan jalan yang lebar dan panjang.









4. TRAILER 12M
Alat transportasi via darat yang satu ini sangat umum dipakai untuk pengangkutan komponen via inland. Kendaraan ini umunya tidak memiliki bak tertutup atau biasa disebut break bak sehingga sangat mudah untuk penyususan nya. Kendaraan ini memiliki panjang bak 12m dengan lebar 2.75m dan tinggi packing maximum 2m dengan kelebihan packig sisi kiri - kanan maximum 0.5m. Kendaraan ini mampu membawa barang-barang 30-35 ton untuk komponen pabrikasi sedangkan kapasitas maximumnya adalah 45 ton. Kendaraan ini memerlukan jalan yang lebar dan panjang untuk kemudahaan manufer.

Selain pemilihan kendaraan yang tepat sesuai kapasitas nya, kita sebagai kontraktor harus dapat berkordinasi dengan pihak tracking ini terkait unloading barang-barang di site. Umunya pihak transportasi hanya melihat panjang ,tonasenya dan jenis barang yang akan diangkut, akses jalan menuju site apakah lebar, menanjak, tidak beraspal namun tidak mempertimbangkan kesulitan saat unloading sehubungan dengan site yang terbatas. Bisa saja kendaraan trailer 12m tidak dapat manufer untuk memposisikan unloading yang tepat.

No comments: