GERBANG TATA BANGUN JAYA

Friday, 2 January 2015

NOTASI PENGELASAN FILLET WELD

Disini sedikit kami jelaskan mengenai notasi pengelasan dikhususkan pada Fillet Weld.
Notasi pengelasan sangat penting, agar welder atau QC dapat mengetahui detail / type pengelasan nya dan juga diketahui apakah pengelasan dilalukan dipabrik atau site / lokasi proyek. Jika pengelasan di site proyek maka diberikan simbol tertentu.
Notasi pengelasan ini biasa dibuat pada assembly drawing untuk tiap - tiap component yang mengalami assembly sementara untuk detail per type di tulis pada WELDING SCHEDULE.

Untuk lebih jelasnya dapat dibaca penjelasan dan gambar berikut ini:


Penjelasan gambar diatas seperti berikut:
Pengelasan dilakukan pada dua potongan material baja yang kita sebut Pelat 1 (P1) dan Pelat 2 (P2). Gambar A adalah tampak melintang componen sehingga kita dapat membedakan sisi terjauh dan terdekat pengelas. Sedang gambar A' adalah tampak atas sehingga kita dapat melihat jelas posisi las nya.
Untuk membedakan posisi terjauh dan terdekat adalah, misal pengelas ada di sisi kiri komponen seperti gambar diatas, maka sisi kiri kita sebut sisi terdekat pengelas dan sebaliknya sisi kanan adalah sisi terjauh pengelas. Mengapa penting kita membedakan sisi terjauh dan terdekat ini? agar kita tahu memberikan notasi las nya apakah diatas atau dibawah.
Lihat perbedaan gambar atas dan bawah. Posisi pengelasan pada kedua gambar tersebut sama-sama di posisi kiri sehingga pada Gambar atas notasi las diposisi atas sedang gambar bawah nosi las diposisi bawah.
simbol "n" adalah "Leg Size" umumnya "n" ini pada Fillet Weld adalah sama.

Jika kedua sisi terjauh dan terdekat dilas, maka notasi nya seperti gambar diatas, dimana notasi las dibuat atas dan bawah.

Jika pengelasan dilakukan keliling Pelat 1 (P1) yang terlihat jelas pada tampak atas A" maka notasi nya seperti gambar diatas ditambah symbol lingkaran "o" dan tidak perlu lagi diberikan notasi las pada sisi atas nya.


Jika pengelasan akan dilakukan dilapangan maka diberikan symbol bendera begitu seterusnya pada notasi-notasi lainnya jika diberikan symbol bendera maka artinya pengelasan dilakukan di site/lapangan proyek.

Demikian penjelasan singkat mengenai notasi las FILLET WELD. Ada banyak notasi pengelasan lainnya seperti BUTT WELD, GROVE, PJP dan CJP yang akan dibahas dilain waktu.

Terimakasih dan artikel kecil ini semoga dapat bermanfaat.





















1 comment:

Achmad Mamed said...

Mas menunggu pembahasan tentang CJP, PJP karena saya pernah salah mengenai pengelasan tersebut yang akhir nya menimbulkan back charge....