GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 24 August 2013

Engineering


Sebelum melakukan pekerjaan pabrikasi, tentunya kita sudah harus mengetahui material-material yang akan digunakan. Material ini didapat dari hasil analisa desain struktrur baja oleh engineer. Out put yang dihasilkan pada Engineering adalah sbb:
a. Gambar Persetujuan/Approval Drawing
b. Gambar pelaksanaan/Shop Drawing yang terdiri dari Cutting Drawing dan Assembling Drawing
c. Bill Of Material (BOM)
d. Erection Drawing

a. Gambar Persetujuan/Approval Drawing
    Setelah analisa desain selesai, maka hasil desain tersebut dituangkan dalam Gambar Persetujuan atau    bahasa dalam dunia konstruksinya lazim disebut "Approval Drawing". Pada Aproval Drawing ini tentu harus sudah lengkap dengan profile rangka baja, dimensi dan detai-detail koneksi sambungan bahkan sampai desati pengelasan dan spesifikasi material yang digunakan. Approval Drawing ini harus di cek kembali oleh user/owner selaku pihak pemakai yang meng-order bangunan tersebut dan yang jika ada perubahan dapat di revisi pada tahap ini sampai tidak ada lagi perubahan oleh user/owner.

b. Gambar Kerja/Shop Drawing
Pekerjaan Shop Drawing dapat dilakukan jika Approval Drawing sudah disetujui oleh user/owner. Untuk penggambaran shop drawing ini, sudah banyak ditemukan sofwer-sofwer gambar yang digunakan seperti Steel Cad, X-Steel, Tekla, Boket dan banyak lainnya. Penggambaran Shop Drawing ini sesuai dengan material-material yang tertuang pada approval drawing yang digambar dengan 3D mulai dari material terkecil sampai yang besar. Penggambaran dengen 3D ini disesuikan dengan kondisi yang akan terpasang nantinya secara aktual dan dengan begitu menghasilkan komponen yang presisi.
Setelah gambar 3D rangkum, selanjutnya dipecah-pecah kembali tiap-tiap material dan menghasilkan beberapa gambar yang disebut cutting drawing dan assembling drawing.

 c. Bill Of Material (BOM)
Dari gambar Shop Drawing 3D yang sudah rampung tadi out put data yang dihasilkan selain gambar-gambar juga berupa laporan kebutuhan materiial aktual yang akan digunakan. laporan tersebut berupa tabel material baja yang biasa di sebut Bill Of Materil atau yang biasa di singkat BOM. Dalam BOM ini sudah lengkap jumlah, panjang, berat per item dan total berat, surface area painting untuk kebutuhan material painting.

d. Erection Drawing
Erection Drawing adalah gambar pemasangan sebagai gambar panduan praktisi lapangan saat pemasangan struktur baja. Sebenarnya Erection Drawing juga bagian dari Shop Drawing karena out put dari pekerjaan shop drawing yang digambar modelling 3D tadi yang hanya saja dipecah-pecah dalam tiap grid line saja untuk mempermudah para praktisi membaca marking-marking pada gambar tersebut. Biasanya gambar modelling 3D ini diberikan pada praktisi lapangan.


<-kembali
lanjut->

3 comments:

Atadiwira Kanan said...

Terima Kasih, Post nya bermanfaat sekali mohon dapat saya copy ya pak.

Salam,
Ata Kanan

Atadiwira Kanan said...

Postnya sangat bermanfaat. Mohon saya copy untuk share ya pak.

Salam Engineering

helman novrando said...

Dibuka pendaftaran
*Pelatihan Welding Inspector*

*anda belum memiliki pengalaman dibidang pengelasan? diberikan pelatihan welder gratis.

■ PAKET 3 IN 1 (SLV + BNSP + CSWIP 3.0) ===== Rp. 21.800.000,-

Next schedule, Cilegon, 06 Mei 2017.

Bagi anda yang ingin memiliki Sertifikat Kompetensi untuk keperluan bekerja, atau melengkapi Tugas Akhir sekolah, atau ingin memiliki sertifikat Welding Inspector.

SLV METROPOLITAN INDONESIA menyelenggarakan pelatihan WELDING INSPECTOR bersertifikat Nasional dan Internasional. Pelatihan ini dapat diikuti oleh siapa saja baik para lulusan SMA/STM/SMK, D3, Akademi, Politeknik, Sarjana atau Praktisi Las dan yang memiliki usaha dibidang pengelasan sehingga mampu mengawasi hasil pekerjaan di lapangan.

Dalam pelatihan nantinya selain diberikan Teori sesuai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), para peserta pelatihan juga akan melakukan praktek inspeksi DT-NDT, Visual Inspection, dan WPS-PQR (standard AWS, API, dan ASME).
*1 (satu) bulan Training dan Uji Kompetensi.

Paket SERTIFIKASI :
■ Welding Inspector SLV
■ Welding Inspector BNSP (Nasional)
■ CSWIP 3.0 (International)

++**FREE / Bonus ++
■ Keanggotaan API (Asosiasi Pengelasan Inndonesia) / IWS (Indonesia Welding Society)
■ Seminar ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 & OHSAS 18001:2007 (New Version)
(ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan & OHSAS 18001:2007 Sistem Manajemen K3)

Training dilaksanakan,
CILEGON : 06 - 31 Mei 2017

Next schedule,
08 Juli 2017
09 September 2017
04 November 2017

Tempat : Kampus SLV, Cilegon – Banten.
*disediakan mess ber AC bagi peserta dari luar kota dengan biaya 350 ribu perbulan.

Persyaratan :
1. Menyerahkan CV, lengkap dengan Foto copy : Ijazah Terakhir & KTP.
2. Menyerahkan Pas Photo berwarna Uk. 3×4 (4 Lembar)
3. Membayar biaya pendaftaran Rp 500.000,-

Info pendaftaran :
SLV METROPOLITAN INDONESIA.
Ruko Metro Cilegon, Blok A1 No. 9 – 10
Cilegon – Banten, Indonesia 42411.

Telp : +62 254 8481815

Mobile / WA :
087771200615 (helman)
081213671230 (SLV)
087778087575 (windi)
081210071232 (nisa)

Email :

slv_metro@yahoo.com

admin@slv.co.id