GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 24 August 2013

Pabrikasi



Pekerjaa pabrikasi adalah pengelasan material yang sudah pre-fabrikasi menjadi satu komponen, seperti komponen kolom, komponen rafter, komponen bracing dan lain nya. Komponen kolom terdiri dari satu base plate, profile WF/H-Beam dan beberapa plate stiffener dan jika ada beberap rib base plate yang di las menjadi satu komponen kolom. Komponen Rafter terdiri dari profile WF, hounch yang biasanya sama dengan profile rafter yang dibagi dua, end plate dan beberapa plate stiffener yang semua nya itu disassembly menjadi satu komponen rafter.
Pekerjaan pabrikasi ada beberapa tahapan sbb:
  1. Pengecekan material
Pengecekan material dilakukan oleh Quality Control. Pengecekan yang dilakukan adalah mengukur dimensi dengan toleransi yang biasanya 2mm, jumlah lubang, diameter lubang dan lainnya yang semuanya harus terkonstrol sama dengan material sesuai cutting drawing. Jika tidak sesuai maka wajib diganti atau perbaikan jika itu memungkinkan.

  1. Pembersihan/finishing
Ini adalah tahap sebelum dilakukan pengelasan. Semisal material plate yang sudah cut to shape pastinya ada bekas potong api yang tidak rata maka harus diratakan, begitu juga bekas lubang drilling yang harus dibersihkan agar tidak tajam. Pembersihan dilaukan dengan grenda, sikat. Dan untuk membersihak karat atau sisa minyak biasa digunakan solfent.

  1. Tack Weld
Atau las titik yang dilakukan untuk tujuan setting sebelum dilakukan las permanen. Satu komonen lengkap yang sudah di tack weld, quality control harus mengecek komponen tersebut. Pengecekan yang dilakukan adalah dimensi panjang komponen assembly harus sesui dengan assembly drawing, dan posisi-posisi part-part kecil pembentuk komponen tersebut. Jika ada yang salah maka harus di lepas dan dilakukan kembali tag weld sampai pada sesuainya komponen tersebut dengan assembly drawing nya. 



 Gambar 1. Tack Weld

  1. Finishing Welding
Dilakukan setelah komponen tack weld sesuai dengan assembly drawing. selesai dilakukan finishing welding ini dilakukan pengecekan kembali jika kemungkinan  terjadi perubahan bentuk seperti bending yang bisa diakibatkan panas saat pengelasan.



Gambar 2. Material yang sudah Finishing Welding


<-kembali

No comments: