GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 31 August 2013

Profile Chasstellated Beam

Banyak orang awam bahkan kontraktor sendiripun tidak paham dengan profile Chasstellated. Saya pernah berbincang dengan satu client saat meeting yang mana beliau menceritakan bahwa profile Chastellated ini tidak ekonomis sebab ada waste sisa potong plate banyak yang terbuang.
Proyek yang pernah di handle nya menggunakan castellated beam HB 600x200 dan untuk membuat itu maka team nya melubangi tengah web Profile WF 600x200 berbentuk poligonal dan plate sisa potong nya menjadi waste terbuang tidak terpakai. Mendengar penjelasan itu saya jadi tertawa namun segera saya memberikan penjelasan singkat saja yang membuat beliau menjadi megerti.
Profile Chastellated ini dibentuk dari Profile WF atau H-Beam yang dipotong zigzak putus sepanjang web nya sehingga menjadi 2 batang simetris yang terpisah seperti mata gergaji (ada yang rendah dan tinggi) lalu kemudian dua batang simetris tersebut disatukan dengan menempelkan bagian yang tinggi nya satu sama lain lalu dilas permanen pada bagian yang menempel tersebut sehingga menghasilkan profile yang lebih tinggi dari semula.
Tujuan membuat profile Chasstellated ini adalah menambah Inersia (I) batang dengan cara menambah tinggi.

Berikut table Chasstellated Beam.
Dari table terlihat untuk membuat Chasstellated 600x200 dipotong profile WF 400x200.


Table Chasstellated Beam adding plate



Video Pemotongan Web pembuatan H-Comb


Baca juga :
1. Profile Hot Rolled WF/H-Beam
2. Profile Angle / Siku
3. Profile "U"
4. Profile Lhip-Channel dan Z-Section
5. Profile C-Channel
6. Profile T-Beam
7. Profile Chasstellated Beam
8. Profile King Cross dan Quen Cross







No comments: