GERBANG TATA BANGUN JAYA

PENJELASAN UMUM SISTEM JEMBATAN RANGKA BAJA

 Tipe struktur bangunan atas jembatan standar rangka baja permanen  tipe Warren Tertutup yang terdiri dari komponen-komponen baja yang dirakit dengan sistem sambungan baut sehingga membentuk suatu rangkaian jembatan rangka baja yang utuh.   




Jembatan standar rangka baja permanen ini terdiri dari 3 (tiga)  komponen, yaitu: 

1. Komponen utama : Batang atas (top chord), Batang bawah (bottomchord), Batang diagonal (diagonal chord), Gelagar melintang (cross girder), Gelagar memanjang (stringer), Mur dan Baut (bolt and nut). 

2. Komponen Sekunder : Ikatan angin atas (top bracing), angle splice, filler Plate

3. Komponen Pelengkap : Bantalan karet penahan gempa (elastomeric bearing), Penahan lateral (lateral stopper), Pipa sandaran (railing), Pelat lantai baja gelombang (corrugated steel deck plate),  Sambungan ujung lantai (expansion joint) serta peralatan (tool kit) untuk keperluan perakitan jembatan. 


Lantai jembatan merupakan struktur beton yang berada di atas bekisting pelat lantai baja gelombang (corrugated Steel deck plate) yang ditopang oleh gelagar baja memanjang (stringer) di antara gelagar baja melintang (cross girder), gelagar baja melintang bersifat non-komposit dengan balok lantai beton. Untuk kemudahan dalam pelaksanaan perakitan jembatan, semua komponen jembatan diberi tanda/marking yang jelas sesuai dengan urutan yang diperlihatkan pada gambar perakitan (lihat lampiran erection drawing). Semua komponen rangka baja dan baut digalvanisasi dan menggunakan tumpuan karet (elastomer). Perakitan jembatan rangka ini direncanakan dapat dilakukan di lokasi pembangunan jembatan secara bertahap dengan bermacam alternatif sistem perakitan jembatan, antara lain: sistem perancah, semi kantilever (kantilever sebagian) maupun kantilever penuh. Sistem perakitan jembatan akan dibahas lebih lanjut pada bab tersendiri.    

No comments: