GERBANG TATA BANGUN JAYA

CARA CAT MELINDUNGI BESI

Korosi adalah proses metal menjadi karat. Untuk menjaga tidak terjadi korosi pada metal, diperlukan lapisan pelindung cat. Sehingga fungsi cat adalah menutup/melindungi metal dari air dan oksigen. 

3 cara cat melindungi dari besi

1. Barrier Effect

Contoh cat Jotamastic 87 dengan ketebalan rata-rata 150 - 300 MIC DFT dan Marathon dengan ketebalan rata-rata 500 - 1000 MIC DFT jenis high-build polyester (Baltoflake) pada lapisan ini memiliki  Glass Flake semacam dinding-dinding garis yang menahan air. Glass Flake ini juga memiliki kemampuan memberi kekuatan impack pada objeck. Tidak ada cat yang tidak tembus air, sehingga semakin tebal "h" maka ion air semakin lama tembus menuju besi.



2. Inibitor Effect

Cat dasar primer merupakan cat anti korosi yang pada dasarnya mengandung pigment yang berfungsi untuk mencegah korosi atau karat. Contoh cat Alkyd Primer yang memiliki pigmen zinc phospate. Ada 3 pigmen yang dipakai pada pembuatan alkyd primer yaitu pigmen red lead, pigmen Lead atau Zinc Chromate dan pigmen Zinc Phospate. Namun pada perkembangan sekarang pigmen yang dipakai pada alkyd primer adalah zinch Phospate.


3. Katodic Effect

Cat yang memiliki kemampuan ini adalah semua cat jenis Zinc. Contoh Resist86 artinya cat yang memiliki zinc 86% dari keseluruhan cat nya.


No comments: