GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 14 May 2016

BLASTING SA 2.5

Near White Blast Cleaning: pembersihan permukaan baja dengan menggunakan semprotan butiran abrasif (steel grit atau pasir kwarsa) sampai pada kondisi minimal 95% permukaan bebas sisa kotoran.



 Gambar 1. Pekerjaan Blasting SA 2 1/2 dengan manual


Pengaplikasian blasting harus dalam ruangan yang sudah diatur temperatur nya dan agar material steel gret tidak terbang kemana-mana. Material yang sudah di blasting cepat berkarat maka secepatnya dilakukan pengecatan primer.

Tujuan dilakukan blasting SA 2 1/2 ini adalah untuk membersihkan permukaan area painting dan membuka pori-pori permukaan sehingga pengaplikasian cat primer semakin mudah dan hasil nya lebih maksimal karena cat primer tersebut lebih menempel karena sudah masuk dalam pori-pori besi.

Metoda pekerjaan Blasting SA 2 1/2 ini ada dua cara, yaitu dengan mesin otomatis Blasting SA 2 1/2 dan manual Blasting SA 2 1/2. Mesin otomatis biasa digunakan untuk raw material tampa pabrikasi, yang dimasukkan dalam blasting rom dan disemprot dengan mesin dari semua arah permukaannya didalam blasting room.
Sementara untuk material komponen atau material yang sudah terpabrikasi sebab banyak kupingan yang dilas maka dilakukan Blasting SA 2 1/2 dengan cara manual menggunakan orang dalam blasting room dan dengan nozle mengarahkan tembakan ke semua permukaan dan sudut-sudut komponen. Sudut-sudut komponen ini yang memungkinkan tidak dapat di blasting dalam mesin blasting.

Gambar 2. Mesin Blasting SA 2 1/2 Otomatis

Semoga bermanfaat.

Baca juga:
A. Persiapan Permukaan
B. Bahan Dasar Pembuatan Cat
C. Jenis-jenis ca
D. Istilah dalam cat

No comments: