GERBANG TATA BANGUN JAYA

Pengelasan Busur Terendam

 

Pengelasan busur terendam (SAW) digunakan untuk menyambung dua potongan logam dengan cara menghasilkan busur listrik antara kawat elektroda dengan umpan kawat kontinyu dan logam dasar, sedangkan seluruh area ditutupi dengan sebagian besar bahan flux, sehingga proses pengelasan berada dibawah lapisan tebal fluks granular.


Adapun fungsi fluks granular adalah:

1. Menjaga kestabilan panas yang focus ke logam yang akan dilas tanpa kehilangan panas yang berarti, dengan jumlah arus yang sama.

2. Kepadatan atau penetrasi yang lebih tinggi dapat dicapai.

3. Pendinginan sambungan lebih lambat dilakukan karena menghindari konduksi panas ke atmosfer, karena lapisan penutup fluks yang tebal.

4. Fluks melindungi wadah fusi terhadap atmosfer sekitar yang teroksidasi.

5. Fluks di sekitar busur dicairkan dan dicampur dalam pengelasan dan sisanya dapat dikumpulkan untuk digunakan kembali, sehingga prosesnya menjadi ekonomis. Pada mesin SAW otomatis sisa fluks ini disedot Kembali.

6. Menghilangkan cipratan las dan emisi sinar ultraviolet.

 

Pengelasan busur terendam umumnya digunakan untuk

1.    Pembuatan potongan besar.

2.    Ketika pengelasan terus menerus diperlukan.

3.    Ini dapat dengan mudah diotomatisasi dan umumnya dioperasikan sebagai proses yang sepenuhnya mekanis atau otomatis untuk mengelas rakitan linier.

4.    Ini disebut sebagai proses pengelasan yang andal dan kuat, yang memungkinkan kami mencapai kualitas las yang sangat baik dengan produktivitas tingkat tinggi.

 

Busur terendam dapat digunakan dengan berbagai jenis arus, seperti;

1.    Arus kontinu dengan elektroda positif DC (+) yang memungkinkan penetrasi las yang optimal.

2.    Arus kontinu dengan elektroda negatif DC (-) yang memungkinkan laju deposit las yang optimal.

3.    Arus bolak-balik (AC) yang memungkinkan kompromi antara DC (+) dan DC (-). Penetrasi las yang lebih baik dapat diperoleh dibandingkan DC (-) dan laju deposit las yang lebih unggul dibandingkan DC (+).

 

Kekurangan utama SAW adalah hanya dapat digunakan pada posisi datar dan horizontal.


No comments: