Kontainer adalah suatu tempat/alat penyimpanan barang yang
berbentuk kotak yang terbuat dari metal dan dilengkapi dengan tutup bukaan
belakang atau atas.
Dalam dunia konstruksi Kontainer ini sering dipakai untuk
pengepakan/pengiriman barang “goods” ke mancanegara atau domestic yang biasanya
melalui laut.
Komponen struktur yang dipacking dengan Kontainer ini,
volume nya lebih sedikit dibanding pengiriman dengan truck terbuka atau biasa
disebut break bulk.
Biasa nya juga untuk penggunaan Kontainer ini, digunakan
SKID SYSTEM untuk mempermudah loading dan unloading nya. Skid System berupa rel
peluncur yang dipasang sedemikian rupa pada bagian dalam dan luar Kontainer. Butuh alat untuk mendorong saat loading
dan alat menarik dari Kontainer saat unloading.
Untuk pengiriman
menggunakan kontainer, maka perlu diketahuai ukuran / dimensi dalam nya agar
dapat dikalkulasikan jumlah kontainer yang diperlukan.
Jenis jenis
kontainer:
- Dry Cargo Kontainer yaitu kontainer
kering, kontainer ini untuk memuat barang – barang kering yang bisa
disimpan di dalam ruang tertutup dalam waktu yang lama.
- Reefer Kontainer atau kontainer berpendingin yang suhunya bisa diatur sesuai
kebutuhan. Kontainer jenis ini mempunyai mesin yang menempel pada body/
dinding belakang kontainer sehingga suhu dan kelembaban dalam kontainer
bisa disetel. Kontainer reefer biasa digunakan untuk memuat buah, sayuran,
ikan, daging, es krim dan bahan makanan lainnya yang butuh pengaturan suhu
khusus.
- Special Equipment Kontainer, yaitu kontainer yang digunakan untuk kargo – kargo khusus.
Kontainer ini memang dirancang untuk barang-barang tertentu yang ukuran
dimensi maupun beratnya melebihi batas maksimal penggunaan kontainer
biasa. Contoh Special Equipment Kontainer adalah Flat Track dan Open Kontainer. Flat racks yaitu kontainer yang tidak
memiliki dinding / atap permanen atau dinding kontainernya bisa dibuka
tutup sesuai kebutuhan. Kontainer ini bisa dimuati barang dari
atas maupun samping kontainer. Jadi jika kita memuat barang – barang yang
besar seperti untuk mesin – mesin berat, pipa-pipa, material bangunan,
lebih gampang untuk pemuatannya. Open
Top Kontainer, yaitu kontainer yang atapnya memang terbuka untuk
memudahkan pengisian barang atau kargo ke dalam kontainer
Berdasarkan
ukurannya kontainer dibedakan menjadi Kontainer 20 Feet, Kontainer 40 feet, Kontainer
40 feet HC dan Kontainer 45 feet.
Berikut ini tabel rincian ukuran kontainer menurut jenisnya:
UKURAN KONTAINER
Berikut ini tabel rincian ukuran kontainer menurut jenisnya:
UKURAN KONTAINER
EXTERIOR
|
INTERIOR
|
|||||
LENGTH
|
..WIDTH
|
HEIGHT
|
LENGTH
|
..WIDTH
|
HEIGHT
|
|
20′ Steel Dry
Cargo Kontainer
|
20′
|
8′
|
8’6”
|
19’4 13/16”
|
7’8 19/32”
|
7’9 57/64”
|
6 m
|
2,438 m
|
2.591 m
|
5.898 m
|
2.352 m
|
2.385 m
|
|
20′ Full Height
Open Top Kontainer
|
20′-0”
|
8′-0”
|
8′-6”
|
19′-4 4/5”
|
7′-8 4/5”
|
7′-8 3/5”
|
6.058 m
|
2.438 m
|
2.591 m
|
5.919 m
|
2.340 m
|
2.380 m
|
|
20′ Flat Rack Kontainer
with Four Freestanding Posts
|
20′-0”
|
8′-0”
|
8′-6”
|
18′-6 7/16”
|
6′-7 59/64”
|
6′-9 39/64”
|
6.058 m
|
2.438 m
|
2.591 m
|
5.650 m
|
2.030 m
|
2.073 m
|
|
40′ Steel Dry
Cargo Kontainer
|
40′-0”
|
8′-0′
|
8’6”
|
39′-5 45/64”
|
7′-8 19/32”
|
7′-9 57/64”
|
12.192 m
|
2.438 m
|
2.591 m
|
12.032 m
|
2.352 m
|
2.385 m
|
|
40′ Hi-Cube
Steel Dry Cargo Kontainer
|
40′-0”
|
8′-0′
|
9’6”
|
39′-5 45/64”
|
7′-8 19/32”
|
8′-9 15/16”
|
12.192 m
|
2.438 m
|
2.896 m
|
12.032 m
|
2.352 m
|
2.69 m
|
|
40′ Full Height
Open Top Kontainer
|
40′-0”
|
8′-0′
|
8’6”
|
39′-7”
|
7′-8 9/10”
|
7′-8 3/5”
|
12.192 m
|
2.438 m
|
2.591 m
|
12.045 m
|
2.309 m
|
2.379 m
|
|
40′ Flat Rack Kontainer
with Four Freestanding Posts
|
40′-0”
|
8′-0”
|
8′-6”
|
38′-7 15/16”
|
6′-7 59/64”
|
6′-4 1/2”
|
12.192 m
|
2.438 m
|
2.591 m
|
11.784 m
|
2.030 m
|
1.943 m
|
|
45′ Steel Dry
Cargo Kontainer
|
45′-0”
|
8′-0”
|
9′-6”
|
44′-5 7/10”
|
7′-8 19/32”
|
8′-10 17/64”
|
13.716 m
|
2.438 m
|
2.896 m
|
13.556 m
|
2.352 m
|
2.698 m
|
No comments:
Post a Comment