GERBANG TATA BANGUN JAYA

Sunday, 20 July 2014

RUKO 4 LANTAI

Berikut ini adalah pemasangan bangunan ruko 4 lantai yang berat nya sekitar 100 ton lebar bangunan 12m tampa kolom tengah berlokasi di bilangan Majestik - Jakarta yang kami pasang pada July 2013. waktu yang diperlukan untuk pemasangan struktur baja bangunan ini adalah +- 32 hari. Kendala yang kami hadapi saat itu hanyalah mobile crane yang mengalami kerusakan pada hari kedua dan harus menunggu penggantinya sampai 6hari lamanya.

Semula mobile chrane sudah dicek kelayakannya dan dinyatakan baik oleh pihak crane, namun entah kenapa kerusakan terjadi.
Sehubungan lokasi proyek yang sempit dan rame pedagang maka sangat tidak memungkinkan semua komponen disimpan dilokasi sebelum dipasang. Ini juga menjadi salah satu kesulitan erektor yang harus dipertimbangkan. semakin sempit lokasi semakin sulit juga proses pemasangan. Yang perlu diperhatikan adalah memposisikan mobile crane setepat mungkin agar tidak perlu pindah2 lagi.

Kendala lain yang kami hadapi adalah beberapa member atau gasset plate atau istilah kupingan plate yang mengalami bending, mungkin pada saat pengikatan dengan starp packing yang mungkin terlalu kencang. Namun itu tidak menjadi masalah, yang namanya erektor tentu ada banyak trik dan metode untuk mengatasi itu semua.


































Agar efektif kami memposisikan crane di depan kanan bangunan agar tidak perlu bergeser lagi mengingat lokasi yang sempit dan rame. Terlebiih dahulu kita pasang bow plank atau pagar poryek untuk keamanan dan kenyamanan orang yang lewat disekitarnya.



































Jenis bangunan ini bisa dibilang typikal dengan komponen single member, tidak ada member truss/rangka sehingga pekerjaan pemasangan lebih mudah. Lantai menggunakan floor deck + wire mesh ini adalah standar pabrik yang efisien dan kuat.

Tidak ada kesalahan proses pabrikasi di pabrikan yang berarti sehingga pekerjaan ini rampung dalam waktu 32 hari yang awal nya ditargetkan lebih cepat hanya ada kendala pada crane saja.



No comments: