GERBANG TATA BANGUN JAYA

Saturday, 18 January 2014

Tinjaun Site Project


Seorang teman berencana membangunan sebuah pabrik keramik di Balaraja. Kalau kita keluar Tol Balaraja Barat, lokasi tepatnya saya lupa. Sehubungan karena pada lokasi sudah ada bangunan existing, maka saya diminta untuk meninjau apakah bangunan existing tersebut masih layak dipakai atau tidak. Atau jika sudah tidak layak 100%, maka perlu dilakukan perkuatan pada titik-titik tertentu saja. sukur-sukur masih layak kan biar bisa hemat biaya.

Saya berangkat pagi pukul 07.00 WIB teng karena saya orang nya memang on time. Kita berangkat  dengan team engineer total kita ada 3 orang dan setiba dilokasi sekitar pukul 9 lewat dikit.

Hasil survey penampakannya adalah :

 Kondisi dari sisi luar


Setelah ditinjau oleh kita para engineer, bangunan yang sudah ditinggal selama lebih dari 15 tahun ini sudah di terpa hujan dan panas, kondisi nya sudah berkarat, beberapa titik kolom yang berkarat dalam dan bisa hancur jika di gores dengan bebada keras, profile melengkung, kondisi baut berkarat dan tidak kencang diduga lubang juga sudah tidak toleransi lagi, angkur berkarat dan sebagian besar girt UNP dan siku sudah berkarat parah bahkan ada beberapa habis termakan karat. Tidak ada bracing atap dan dinding sehingga kekuatan hanya ditumpu oleh angkur saja. Jika bangunan ini dipertahankan pertimbangan nya adalah 1) Angkur harus diganti berikut pondasinya sebab jika angkur diganti tentu bobok pondasi sedangkan biaya membobok lebih besar dari pada menggali tanah untuk pondasi baru, 2) Umur bangunan lebih cepat, 3) Biaya repair lebih mahal sebab beberapa kolom, rafter harus diganti baru dan beberapa jika diperkuat dengan pengelasan akan memakan waktu pekerjaan yang lebih lama. Dengan pertimbangan tersebut, disimpulkan semua bangunnan diganti dengan baru.





Note.
Postingan ini hanya sebagai berbagi pengalaman yang jika teman-teman ada rencana memakai bangunan existing maka ini bisa menjadi referensi. Tidak ada maksud lain pada postingan ini.



No comments: