GERBANG TATA BANGUN JAYA

Sunday, 9 October 2016

KUMPULAN DENAH RUMAH


Dari survey yang dilakukan, banyak orang menginginkan rumah memiliki taman sebagai sirkulasi udara dan cahaya matahari walau dengan lahan yang terbatas. Contoh denah diatas, sesuai permintaan seorang teman menginginkan sebuah taman kecil dibelakang namun harus memiliki ruang tamu yang luas dan 2 kamar tidur saja. Dengan demikian solusi yang diberikan adalah tampa memberikan sekat/dinding pada R. Tamu, R. keluar dan R. Makan sehingga menjadi satu area yang akhirnya menimbulkan kesan luas, tinggal mengatur tata letak perabotan saja. Ada beragam alasan  mengapa orang menginginkan rumah dengan ruang tamu yang luas contoh untuk keperluan arisan, pesta dan lain sebagainya.

Denah rumah diatas ini, masih dengan luas tanah 96m2 namun memiliki 3 kamar tidur. Seorang teman juga menginginkan seperti denah diatas dengan alasan jika nanti memiliki anak satu orang anak laki-laki dan seorang perempuan, tentu harus memiliki kamar tidur yang terpisah dengan alasan seoarang anak juga memiliki privasi dan hoby yang berbeda sehingga perlu ruang tersendiri untuk mereka bebas mengembangkan hoby dan inspirasi nya.


Denah diatas adalah opsi lain dengan memiliki 3 kamar tidur, sebuah taman dan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga agar tetap terkesan luas sehingga bisa digunakan untuk arisan dan pesta kecil. Biasa nya saudara kita dari suku Batak cenderung menginginkan rumah dengan ruang tamu yang luas untuk keperluan arisan keluarga dan acara lainnya karena memang suku Batak adalah suku yang besar dan buanyak keluarga. Dengan alasan ini juga, maka fungsi rumah dan ruangan juga sangat ditentukan oleh adat kebiasan penghuninya. Dari ketiga denah diatas semuanya memiliki taman dan kalau diperhatikan, bahwa dapur dekat dengan taman dengan alasan untuk sirkulasi udara dapat dibuang ke area terbuka taman sehingga bau masakan tidak merembet ke ruang tamu. Demikian pula toilet kesannya berada diluar rumah sebab satu area dengan taman dengan tujuan sirkulasi udara dari toilet terbuang ke area terbuka taman.

Demikian ulasan singkat kami, semoga dapat menjadi referensi bagi saudara-saudara.



No comments: