GERBANG TATA BANGUN JAYA

Thursday, 5 December 2013

Penentuan harga Pabrikasi

pada sebuah konstruksi struktur baja harga pabrikasi mulai dari pengadaan material sampai pada pekerjaan pabrikasinya ditentukan oleh beberapa hal yang utama:
1. Profile material : untuk frame utama menggunakan Hot Rolled WF/H-beam tentu lebih murah jika menggunakan material built up section. 2. Spesifikasi material : bangunan gedung sederhana semisal gudang umum nya menggunakan spek baja mild steel (Fy=245 MPa) yang harganya lebih murah dari high strength (Fy=345MPa). Material high strength biasa nya dipakai untuk konstruksi Jembatan, Tower PLN dan PLTU.
(frame kolom cremona/rangka) 3. Type Frame : Bagunan dengan rafter single beam tentu lebih murah dibanding rafter dengan rangka kremona sebab pekerjaan rangka lebih lama pada proses setting, pengelasan dan sisa potongan umumnya lebih banya. Rangka kremona biasanya dari susunan siku dan pipa. harga beam rangka pipa tentu lebih mahal sebab pekerjaan lebih sulit sebab potongan harus melengkung agar dapat dilas. 4. Type pengelasan : ada dua type pengelasan yang umum dipakai pada konstruksi bangunan yaitu Partial Joint Penetration (PJP) dan Complete Joint penetration (CJP). Bedanya lebih terlihat pada detail pengelasan. Umumnya CJP baja harus dibevel dan beberapa membutuhkan bucking plate. Biasanya juga untuk type CJP ini dilakukan pengetesan las seperti UT Test dll. 5. Pekerjaan bendingan : untuk menambah estetika suatu struktur terkadang terdapat profile bendingan yang umunya adalah pipa. namun tak jarang juga profile bendingan dipakai untuk member struktural. Pekerjaan bendingan diperlukan perhitungan cost tersendiri. 6. Sisa potongan atau umum disebut "waste" juga menjadi indikator penyesuaian harga. Tak jarang para kontraktor menyambung sisa potongan ini untuk mengurangi cost. 7. Surface Treatman : Galvanizing atau coating tentu harganya berbeda. Untuk yang umumnya gudang bisa menggunakan cat alkyd primer 40 MIC. DFT (1 Layer). Point2 tersebut diatas adalah garis besar saja dan masih ada beberapa indokator dan para teman kontraktor / konsultan semoga ini menjadi sesuatu yang bermanfaat yang jika meerencanakan suatu pekerjaan struktur baja agar mendapat harga yang lebih ekonomis sebaiknya dengan desain yang standar namun memang nilai estetikanya bisa saja minim. semoga bermanfaat.

No comments: