Laman

SKID SYSTEM



Untuk keperluan pengiriman material yang harus menggunakan kapal laut/tongkang tentu pengepakan harus pada kontainer. Yang menjadi kendalanya adalah, pabrik tidak dapat melakukan packing pada kontainer sebab umumnya pabrik menggunakan crane atas yang untuk bak terbuka atas. Bisa saja dengan bantuan  Forklif  yang mana material didorong dari belakang saat posisi menggantung denga crane. Namun ini berlaku pada material ringan saja, bagaiman jika material componen yang besar, berat dan banyak kupingannya? metoda dengan forklif tadi tidak dapat dipakai.

Untuk packing dalam kontainer material componen ini dibantu dengan alat yang disebut SKID SYSTEM. Berupa alat peluncur yang pas dan aman pemakingan dalam kontainer. SKYD SYSTEM ini terbuat dari material siku yang dibaut pada kontainer 20 feet atau 40 feet tergantung kebutuhan dan beratnya juga berbeda. Satu unit SKYD kontainer 20feet berat nya sekitar 350 kg dan untuk 40 feet berat sekitar 650 kg. Dengan bantuan alat ini tentu memang manjadi biaya tambahan pemakingan. Untuk jelasnya dapat di download disini.

Tinjaun Site Project


Seorang teman berencana membangunan sebuah pabrik keramik di Balaraja. Kalau kita keluar Tol Balaraja Barat, lokasi tepatnya saya lupa. Sehubungan karena pada lokasi sudah ada bangunan existing, maka saya diminta untuk meninjau apakah bangunan existing tersebut masih layak dipakai atau tidak. Atau jika sudah tidak layak 100%, maka perlu dilakukan perkuatan pada titik-titik tertentu saja. sukur-sukur masih layak kan biar bisa hemat biaya.

Saya berangkat pagi pukul 07.00 WIB teng karena saya orang nya memang on time. Kita berangkat  dengan team engineer total kita ada 3 orang dan setiba dilokasi sekitar pukul 9 lewat dikit.

Hasil survey penampakannya adalah :

 Kondisi dari sisi luar


Setelah ditinjau oleh kita para engineer, bangunan yang sudah ditinggal selama lebih dari 15 tahun ini sudah di terpa hujan dan panas, kondisi nya sudah berkarat, beberapa titik kolom yang berkarat dalam dan bisa hancur jika di gores dengan bebada keras, profile melengkung, kondisi baut berkarat dan tidak kencang diduga lubang juga sudah tidak toleransi lagi, angkur berkarat dan sebagian besar girt UNP dan siku sudah berkarat parah bahkan ada beberapa habis termakan karat. Tidak ada bracing atap dan dinding sehingga kekuatan hanya ditumpu oleh angkur saja. Jika bangunan ini dipertahankan pertimbangan nya adalah 1) Angkur harus diganti berikut pondasinya sebab jika angkur diganti tentu bobok pondasi sedangkan biaya membobok lebih besar dari pada menggali tanah untuk pondasi baru, 2) Umur bangunan lebih cepat, 3) Biaya repair lebih mahal sebab beberapa kolom, rafter harus diganti baru dan beberapa jika diperkuat dengan pengelasan akan memakan waktu pekerjaan yang lebih lama. Dengan pertimbangan tersebut, disimpulkan semua bangunnan diganti dengan baru.





Note.
Postingan ini hanya sebagai berbagi pengalaman yang jika teman-teman ada rencana memakai bangunan existing maka ini bisa menjadi referensi. Tidak ada maksud lain pada postingan ini.



Kendaraan-kendaraan pengangkutan komponen

1. PICK UP
Alat transportasi via darat yang satu ini memang umum nya jarang dipakai untuk pengangkutan komonen baja pabrikasi, mungkin disaat genting saja yang msemisal untuk menmbawa material angkur yang di packing dalam sebuah box. Kendaraan ini hanya dapat membawa barang-barang maksimum 1 ton  dengan ukuran bakya panjang 2 Meter, Lebar 1,5 Meter, Tinggi 50 CM.
Pada site / lokasi proyek kendaraan ini sering digunakan untuk melangsir barang karena melewati jalan yang sempit.


2. TRUCK COLT DIESEL
Alat transportasi via darat dengan ukuran bak adalah 5.8m panjang, 2.3m lebarnya dan 1.5m tinggi. Kendaraan ini mampu membawa barang-barang total beban 8-10 ton. Kendaraan ini masih bisa melewati jalan yang tidak terlalu lebar.

3. TRUCK FUSO/TRONTON
Alat transportasi darat dengan ukuran bak maximum 5.8m panjang, 2.3m lebar dan tinggi1.8m. Kendaraan ini mampu membawa barang-barang maximum 10 ton. Kendaraan ini memerlukan jalan yang lebar dan panjang.









4. TRAILER 12M
Alat transportasi via darat yang satu ini sangat umum dipakai untuk pengangkutan komponen via inland. Kendaraan ini umunya tidak memiliki bak tertutup atau biasa disebut break bak sehingga sangat mudah untuk penyususan nya. Kendaraan ini memiliki panjang bak 12m dengan lebar 2.75m dan tinggi packing maximum 2m dengan kelebihan packig sisi kiri - kanan maximum 0.5m. Kendaraan ini mampu membawa barang-barang 30-35 ton untuk komponen pabrikasi sedangkan kapasitas maximumnya adalah 45 ton. Kendaraan ini memerlukan jalan yang lebar dan panjang untuk kemudahaan manufer.

Selain pemilihan kendaraan yang tepat sesuai kapasitas nya, kita sebagai kontraktor harus dapat berkordinasi dengan pihak tracking ini terkait unloading barang-barang di site. Umunya pihak transportasi hanya melihat panjang ,tonasenya dan jenis barang yang akan diangkut, akses jalan menuju site apakah lebar, menanjak, tidak beraspal namun tidak mempertimbangkan kesulitan saat unloading sehubungan dengan site yang terbatas. Bisa saja kendaraan trailer 12m tidak dapat manufer untuk memposisikan unloading yang tepat.

Harga Material


Sejak Nopember 2013 sudah mulai terjadi kenaikan harga baja dipasaran Indonesia ini setidaknya diakibatkan oleh naik nya nilai Dollar. Updated pada Jumat 10/01 2014 terjadi lagi kenaikan material baja yang per hari ini harga baja WF sekitar Rp8600/kg. Akibat kenaikan ini bisa-2 investor atau user yang akan membuat bangunan konstruksi baja pending dulu sampai pada normal nya Dollar.